RPP BERKARAKTER MATERI DIFUSI


.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN
Mata pelajran :Biologi
Kelas/semester            :XI/smester 1
Alokasi waktu             :10menit
Standar kompetensi    :memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi dasar       :membandingkan mekanisme dari di fusi dan osmosis
Indikator                     :menjelaskan proses difusi dan mengedentifikasi faktor-faktor yang memepengaruhi difusi

A.Tujuan pembelajaran
1.siswa dapat menjelaskan  proses difusi dengan benar setelah mendengarkan penjelasan dari guru.
2.siswa dapat mengedentifikasi bagaimana pengaruh suhu,konsentrasi,dan ukuran dapat mempengaruhi proses difusi setelah melakukan percobaan
B.Materi pembelajaran
1.Difusi.
2.uraian materi
            Pada umumnya zat-zat yang bergerak melalui transpor terjadi secara difusi,difusi ialah pergerakan suatu molekul dari suatu daerah dengan konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah tanpa melalui membran.Karena pergerakanya bersifat acak,secara spontan molekul-molekul tersebut akan berdifusi di sepajang gradien konsentrasinya.
            Difusi terjadi untuk mencapai keseimbangan konsentrasi dari molekul-molekul.Meskipun demikian,tidak berarti molekul-molekul tersebut akan berhenti bergerak atau diam setelah keseimbangan tercapai.Contohnya jika satu sendok gula kitamasuaknkedalam gelas yang berisi air,maka molekul-molekul gula akan bergerak menyebar secara acak.
            Difusi merupakan salah satu cara pertukaran materi dari suatu sel dengan lingkunganya.proses difusi biasanya tergantung dari kondisi-kondisi berikut.
1.Wujud materi.difusi akan berjalan sangat lambat terjadi jika zatnya berwujud padat,difusi lebih cepat terjadi pada zat cair dan sangat cepat pada zat berwujud gas.
2.Suhu,suhu panas dapat mempercepat gerakan molekul-molekul sehingga meningkatkan rata-rata difusi,sebaliknya suhu dingin akan menurunkan kecepatan rata-rata difusi.
3.Ukuran molekul,molkekul yang berukuran lebih kecil lebih cepat melintasi suatu membran dibandingkan dengan molekul yang berukuran besar
.
GAMBAR :Difusi
 
C.Metode
1.metode pembelajaran :experimen
2.model pembelajaran:explicit instruction
D.Langkah-langkah pembelajaran
1.Pendahuluan
a.Pembukaan
            Guru mengucapkan salam,setelah itu guru menanyakan kabar siswa serta menanyakan apakah siswa sudah siap untuk belajar .
b.motivasi
            Guru meunjukan gambar  sirup kepada siswa dan menanyakan apa gambar tersebut kepada siswa.setelah siswa menjawab guru menanyakan diantara sirup dan air mana yang mempunyai konsentrasi lebih tinggi  maka siswa akan menjawab sirup yang mempunyai konsentrasi lebih tinggi,setelah itu guru berkata bahwa air sirup dapat terjadi karena adanya perpindahan molekul sirup yang mempunyai konsentrasi tinggi ke molekul air yang mempunyai konsentrasi yang lebih rendah.
c.Apersepsi
            Guru menanyakan kira-kira proses perpindahan molekul dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi disebut dengan apa(difusi) (pada proses ini nilai karakter yang di inginkan ialah rasa ingin tahu dari siswa dan komunikatif yaitu melalui pertanyaan dari guru siswa diharapkan dapat menjawab walaupun jawabanya belum tentu benar.)
d.Penyampaian tujuan pembelajaran yaitu:
1.siswa dapat menjelaskan pengertian difusi dengan benar  setelah mendengarkan penjelasan dari guru
2.siswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi difusi dengan benar setelah melihat demonstrasi guru dan penjelasan dari guru.
2.Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Guru menanyakan kembali kepada siswa apa yang dimaksud dengan difusi,setelah itu guru berkata apakah benar bahwa difusi itu merupakan proses perpindahan senyawa dari konsentrasi tinggi kekonsentasi rendah,dan apakah sirup merupakan contoh dari proses difusi,setelah itu guru mendemonstrasikan terjadinya proses difusi yaitu dengan mengunakan sirup,setelah itu guru berkata jadi benar bahwa difusi itu proses perpindahan senyawa dari kmsentrasi tinggi kekonsentrasi rendah dan air sirup merupakan contoh dari difusi.(nilai karakter ynag di inginkan ialah nilai komunikatif karena disisni guru mengajak siswa untuk berbicara atau menyampaikan penapatnya)
2.      Guru menanyakan kepada siswa apakah ada faktor-faktor yang mempengaruhiproses difusi(nilai karakter yang inigin ditanamkan ialah komunikatif karena guru bertanya kepada siswa)
3.      Guru meminta siswa menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses difusi.( nilai karakter yang inigin diterapkan ialah nilai kmunikatif karena disisni siswa diajak untuk menyampaikan pendapat mereka tentang faktor-faktor yang memepengaruhi difusi)

Elaborasi
1.Guru membagi siswa kedalam tiga kelompok,yaitu kelompok satu merupakan kelompok yang menganalisis suhu,kelompok dua menganalisis pengaruh konsentrasi terhadap difusi dan klompok tiga menganalisis pengaruh  ukuran molekul terhadap proses difusi.
2.setelah it guru menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh siswa yaitu siswa menentukan pada suhu dan konsentrasi yang lebih tinggi apakah difusi berjalan lebih cepat atau lebih lambat dan sebaliknya pada suhu dan konsentrasi rendah apakah difusi berjaln lebih cepat atau lebih lambat,serta pada ukuran molekul yang lebih besar difusi berjalan lebih cepat atau lebih lambat,dan membagikan prosedur kerja kepada siswa (prosedur kerja dilampirkan),yang sebelum siswa melakukan percoban,guru mementa siswa untuk membaca prosedur dalam melakukan percobaan.
-nilai karakter yang ingin diterapakn ialah rasa ingin tahu siswa dimana guru meminta siswa untuk melakukan percobaan,apabila rasa ingin tahu siswa ada maka mereka akan melakukan percobaan untuk mengetahui bagaimana suhu,konsentrasi,dan ukuran molekul mempengaruhi proses difusi dan juga untuk menjawab rasa ingin tahu mereka sendiri.
-sealain rasa ingin tahu,nilai karakter yang ingin digali ialah tangung jawab dimana dalam satu kelompok siswa harus melakukan percobaan
-disiplin karena siswa sebelum siswa melakukan percobaan guru meminta agar mereka membaca cara kerja terlebih dahulu
-gemar memebaca disini siswa sebelum melakukan percobaan mereka harus membaca bagaimana prosedur percobaan agar nantinya tidak keliru dalam melakukan percobaan,meskipun bahan bacaan pada cara kerja hanya sedikit.
2.setelah itu guru meminta siswa mempersentasikan hasil dari percobaan yang telah mereka lakukan didepan
Nilai karakter yang ingin diterapkan ialah
-nilai komuniktif,karena disini guru meminta siswa dalam setiap kelompok untuk mempersentasikan hasil dari percobaan mereka
Konfirmasi
Guru memberikan penguatan kepada sisa yaitu berupa mengulang tentang pengertian difusi,dan faktor-faktor yang mempengaruhi difusi.
.Penutup
            Guru membimbing siswa untuk menarik suatu kesimpulan tentang materi difusi.yaitu apa pengertian difusi,serta bagaimana pengaruh suhu,konsentrasi dan ukuran molekul terhadap proses difusi.
E.Sumber belajar
1.Bahan           :kecap,air panas,air biasa,sirup,gula,garam.
2.Alat              :gelas aqua
3.Sumber         :Buku Menjelajah dunia biologi.Sri pujianto,Tiga Serangkai,Solo ,2008,halaman 25-28
F.Penilaian
Berupa presentasi dari percobaan yang telah dilakukan dan hasil dari pengamatan tersebut.
LEMBAR PENILAIAN

No
Nama kelompok
Ketepatan dalam menganalisis dari hasil percobaan
Ketepatan dalam melakukan percobaan
Cara menyampaikan hasil percobaan di depan kelas
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




























Keterangan
1.      Cukup (
2.      Sangat Cukup (65-74)
3.      Baik (75-84)
4.      Sangat Baik (85-100)


PROSEDUR KERJA (KELOMPOK SUHU)
Tujuan :menganalisis bagaimana suhu dapat mempengaruhi proses difusi

A.Alat :aqua gelas
B.Bahan          :air panas,air biasa dan gula
C.Cara kerja
1.Masukan air panas dan air biasa kedalam masing-masing aqua gelas
2.Masukan gula kedalam air panas dan air biasa pada waktu yang bersamaan dan aduklah gula tersebut dan amati mana yang lebih cepat terlarut atau terdifusi kemudian catat hasil dari pengamatan tersebut dan prentasikan didepan kelas.


TABEL HASIL PENGAMATAN
Suhu
Pengaruh terhadap proses difusi
Tinggi (air panas)

Rendah (air biasa)







CARA KERJA (KELOMPOK KONSENTRASI)
A.Alat                         :2 aqua gelas
B.Bahan          :kecap,sirup dan air biasa
C.Cara kerja   
1.Masukan air kedalam aqua gelas
2.Masukan sirup dan kecap kemasing-masing gelas aqua secara bersamaan yang telah berisi air kemudian amatilah mana yang lebih cepat mengalami difusi dan catat dari hasil percobaan tersebut kemudian presentasikan hasil pengamatan tersebut didepan kelas.


TABEL HASIL PENGMATAN
Konsentrasi
Pengaruh terhadap proses difusi
Tinggi (kecap)

Rendah (sirup)










CARA KERJA (KELOMPOK UKURAN MOLEKUL)
A.Alat             :2 aqua gelas
B.Bahan          :air biasa,gula dan garam
C.Cara kerja   
1.Masukan air kedalam aqua gelas
2.Masukan gula dan garam kedalam masing-masing aqua gelas yang telah berisi air secara bersamaan,kemudian amati mana yang lebih cepat mengalami difusi ,catat hasil pengamatan dari percobaan tersebut dan presentasikan didepan kelas.



TABEL HASIL PENGAMATAN
Ukuran molekul
Pengaruh terhdap prose difusi
Besar (gula)

Kecil (garam)








SOAL EVALUASI (PR)
1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan proses difusi!
2.Bagaimana pengaruh suhu,konsentrasi dan ukuran molekul terhadap proses difusi?
3.Sebutkan tiga contoh proses difusi dalam kehidupan seharu-hari!

JAWABAN
1.Difusi merupakan proses perpindahan senyawa dari molekul yang mempunyai konsentrasi tinggi ke molekul yang mempunyai konsentrasi lebih rendah
2-.Pengaruh suhu terhadap difusi apabila suhu tinggi maka difusi berjalan lebih cepat sebaliknya pada suhu rendah difusi berjalan lebih lambat.
-pengaruh konsentrasi terhadap difusi apabila konsentrasi tinggi maka difusi lebih lambat sebaliknya apabila konsentrasi rendah maka difusi lebih cepat
-pengaruh ukuran molekul terhadap proses difusi apabila ukuran molekul kecil maka difusi lebih cepat sebaliknya apabila ukuran molekul besar maka difusi berjalan lebih lambat.
3.garam terdifusi dalam air,gula terlarut dalam air,sirup terlarut dalam air

Your Reply